Ultah ke-71 Megawati Hari Ini Dirayakan dengan Teater Kebangsaan

Covesia.com - Presiden Republik Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan genap berusia 71 tahun pada Selasa hari ini dan dirayakan dengan pagelaran Teater Kebangsaan.

PDI Perjuangan merayakan pagelaran Teater Kebangsaan dengan lakon "Satyam Eva Jayati" yang dipimpin Butet Kertaradjasa, di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Selasa.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, melalui pernyataan tertulisnya, mengatakan, "Satyam Eva Jayate" adalah semboyan dari bahasa Sansekerta yang artinya "hanya kebenaran yang berjaya".

Lakon yang ditampilkan oleh Teater Kebangsaan pimpinan Butet Kertaradjasa, menurut Hasto, sesuai dengan keyakinan yang selama ini menjadi pegadangan Megawati Soekarnoputri dalam menjalani kehidupan, termasuk saat memimpin negara, dan PDI Perjuangan saat ini.

"Bahwa hanya kebenaran yang akhirnya akan berjaya," kata Hasto.

Hasto menjelaskan, perjalanan politik yang dialami Megawati telah membuktikan bahwa politik berkeadaban dan tidak menghalalkan segala caralah yang akan menang. 

Keteguhan Megawati inilah, kata dia, yang turut menempa PDI Perjuangan sebagai partai ideologis dalam memperjuangkan ideologi Bung Karno.

"Tanpa keyakinan dan keteguhan politik Ibu Megawati, PDI Perjuangan tidak akan seperti sekarang ini," kata Hasto.

Hasto menjelaskan, pada perayaan ulang tahun ke-71 Megawati Soekarnoputri, selain menampilkan pagelaran Teater Kebangsaan, juga memamerkan sejumlah kiprah dan perjalanan Megawati yang menyukai tanaman ini di bidang kemanusiaan, kebudayaan, dan lingkungan. 

Peringatan ulang tahun Megawati kali ini, kata dia, bernuansa hijau dengan hiasan berbagai tanaman.

"Ini bermakna bahwa Ibu Megawati sangat konsen dengan lingkungan hidup. Bahwa kita sebagai bagian dari umat manusia harus ikut menjaga bumi sebagai rumah bersama agar tetap hijau," katanya.

Hasto menambahkan, seluruh kader partai berharap dan berdoa agar Megawati terus diberi kesehatan prima dalam menjalani kehidupan, terutama memimpin PDI Perjuangan ke depannya. 

Seluruh pengurus dan kader partai, kata Hasto, menaruh hormat dan sungguh mencintai kepemimpinan Megawati, karena dengan kesabarannya berhasil membangun partai melalui kaderisasi kepemimpinan secara sistemik. 

"Seluruh anggota dan kader PDI Perjuangan berkomitmen untuk terus menghadirkan wajah partai di tengah rakyat," ujar Hasto.

(ant/adi)



Baca berita selengkapnya

Komentar