IPW Minta Oknum Brimob Penembak Kader Gerindra Dipecat

Covesia.com - Indonesia Police Watch meminta agar oknum anggota Brimob yang menembak kader Partai Gerindra Fernando Alan Joshua Wowor dipecat dari kepolisan.

"Polri harus mengusut tuntas kasus ini dan pelaku harus dihukum berat dan dipecat dari kepolisian," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keteranganya kepada Covesia.com, Minggu (21/1/2018) malam.

Jika melihat kronologis kasus penembakan tersebut, kata Neta, jelas latarbelakangnya adalah sikap arogansi aparatur keamanan.

Menurut dia, ada tiga hal di balik kasus penembakan ini. "Pertama, dari mana anggota brimob tersebut mendapat senjata api, karena senjata api yang digunakan untuk menembak korban sepertinya bukan senjata api brimob," tukas Neta.

Kedua, tambah dia, dari mana anggota brimob itu bisa mendapatkan motor gede sehingga dia bisa bersikap begitu arogan dan semena- mena.

"Ketiga, kasus ini menunjukkan betapa lemahnya pengawasan terhadap anggota brimob oleh atasan dan institusinya, sehingga seorang anggotanya bisa bebas bergentayangan pada malam hari dengan membawa senjata api," tandas dia.

Neta menganggap sikap anggota brimob itu menunjukkan bahwa atasannya tidak punya wibawa dan tidak mampu mengawasi sikap prilaku anak buahnya.

"Kasus penembakan ini tentu sangat mencoreng korps brimob dan bisa berpengaruh pada mantan Dankor Brimob yang akan mengikuti pilkada di Maluku," papar dia.

Dia juga khawatir kasus ini akan membuat masyarakat takut jika bertemu dengan anggota brimob.

"Untuk itu polri harus mengusut tuntas kasus ini dan menindak tegas atasanya yang ceroboh mengawasi anak buahnya," ujar dia.

Dia juga berharap agar partai Gerindra terus mengawasi kasus ini hingga diusut tuntas. "Gerindra harus terus mengawasi kasus ini akan diusut tuntas, dan agar tidak terulang lagi. Korps Brimob perlu meminta maaf ke publik atas kasus ini," kata Neta.

Sebelumnya, korban Fernando tewas tertembak setelah bersitegang dengan anggota polisi Satuan Brimob berpangkat Brigadir Satu (Briptu) berinisial AR di area parkir Lipss Club Bogor, Sabtu (20/1).

(jon)



Baca berita selengkapnya

Komentar