Ini Dia Bagian Tubuh yang Jadi Tempat Favorit Tumpukan Lemak dan Begini Cara Mengatasinya

Covesia.com - Tidak hanya orang yang bertubuh gemuk, orang kurus ternyata juga mengalami ‘kegemukan’ di bagian tubuh tertentu. Misalnya saja di bagian perut atau lengan atas bagian bawah (lengan bergelambir).

Nah, untuk menghilangkan lemak-lemak yang menganggu tadi, anda mungkin melakukan berbagai cara, salah satunya adalah mengurangi porsi makan. Padahal lemak yang terbentuk pada bagian tubuh tertentu seperti perut, paha, atau lengan, tidak hanya disebabkan oleh makanan saja.

Ya, ada penyebab lain kenapa lemak bisa bersarang di sana. Dikutip covesia.com dari brightside.me, berikut tempat-tempat berkumpulnya lemak dan apa saja yang menyebabkan mereka betah bersarang di sana. 

1. Tubuh bagian atas

Penyebab:

Jika anda merasa gemuk tapi hanya tubuh bagian atas saja yang melebar, ini disebabkan kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak daripada kalori yang mampu dibakar tubuh. So, yang bikin badan bagian atas melebar dan menggelambir adalah kebanyakan makan tapi kurang gerak (atau aktivitas yang dilakukan sedikit).

Bagaimana mengatasinya?

  • Anda bisa melakukan latihan aerobik seperti jalan, lari, atau berenang paling tidak 30 menit setiap harinya agar lemak-lemak yang terakumulasi di sana bisa terbakar dengan sempurna.
  • Kurangi konsumsi gula atau minuman-minuman manis/kemasan. Tahu enggak sih, makanan atau minuman manis itu membuatmu lebih gampang lapar dan pengin ngunyah terus.

2. Perut bawah dan pinggul

Penyebab:

Ternyata, lemak yang bersarang di bagian tubuh ini tidak hanya disebabkan oleh makanan yang anda konsumsi. Penyebab utamanya adalah stres, was-was, dan depresi. Nah lho, banyak pikiran ternyata bisa bikin gemuk juga ya.

Bagaiman mengatasinya?

  • Hilangkan stres dengan melakukan kegiatan yang anda senangi atau coba deh melakukan meditasi dan latihan pernapasan di rumah agar pikiran menjadi rileks.
  • Anda juga bisa mengonsumsi teh hijau karena minuman ini sangat efektif untuk membakar lemak sekaligus membuat pikiran menjadi tenang.

3. Pantat dan paha

Penyebab:

Gampang banget gemuk di bagian paha atau pantat? Salah satu penyebabnya adalah tubuh mengonsumsi terlalu banyak gluten. Kalau merasa kurang pede karena ukuran pantat dan paha yang lebih besar daripada bagian tubuh lain, anda bisa mencoba diet gluten free.

Bagaimana mengatasinya?

  • Selain mengonsumsi makanan yang bebas gluten, anda bisa nih mengecilkan paha dan pantat dengan naik turun tangga.
  • Jangan pernah melupakan atau menyepelekan sarapan ya. Kalau tidak sarapan nih, anda akan merasa mudah lapar seharian dan cenderung makan lebih banyak.

4. Perut

Penyebab:

Sama halnya dengan lemak yang terakumulasi di tubuh bagian atas, lemak di perut ini disebabkan oleh stres. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi penyebab kenapa perut mudah banget buncit dibanding bagian tubuh lainnya. Oh ya, meskipun sudah diet, kalau masih stres ya tidak akan memberikan perubahan apa pun pada lemak di perut.

Bagaimana mengatasinya?

  • Gantilah cemilan yang tidak sehat dengan buah-buahan. Kalau bisa jangan makan dalam porsi besar sekaligus. Makanlah dengan porsi sedikit, tapi sering. Cara ini akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat tubuh enggak gampang lemas dan lapar.
  • Selain mengatur porsi makan, anda juga bisa mengimbanginya dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan cepat, atau senam aerobik.

5. Lutut dan betis

Penyebab:

Beberapa penyebab lutut yang berlemak dan betis yang besar adalah kurang gerak, terlalu banyak duduk, obesitas, dan bahkan kurang tidur.

Bagaimana mengatasinya?

  • Kurangi konsumsi garam atau makanan asin karena garam menyebabkan retensi cairan dalam tubuh sehingga menyebabkan kembung atau penambahan berat badan.
  • Jangan duduk lebih dari 30 menit tanpa bergerak sama sekali. Cobalah melakukan gerakan-gerakan ringan sambil duduk atau berjalan mondar-mandir selama beberapa menit.

(sea)




Baca berita selengkapnya

Komentar