Empat Roket Milisi Kurdi Hantam Sebuah Kota di Turki Selatan

Covesia.com - Empat roket yang ditembakkan oleh milisi Kurdi Suriah menghantam sebuah kota di Turki selatan di perbatasan Suriah pada Minggu (21/01) tanpa adanya korban jiwa, kata pejabat setempat, beberapa jam setelah tentara Turki memulai operasi baru melawan kelompok tersebut.

Ada kerusakan pada satu bangunan yang terbakar dan seorang perempuan terluka akibat roket tersebut di Kota Kilis, kata kantor berita Dogan.

"Tidak ada korban jiwa," kata gubernur Kilis Mehmet Tekinarslan, yang dikutip oleh Dogan. "Mereka bisa menembakkan satu roket ke arah kita dan kita akan membalasnya 100 roket. Tidak perlu khawatir," katanya.

Dogan mengatakan bahwa roket itu berasal dari basis di sekitar Kota Afrin di Suriah yang dikuasai oleh Unit Perlindungan Rakyat (YPG) yang Turki tuduh sebagai kelompok teror.

Tentara Turki merespons serangan itu dengan menembakkan artileri ke basis tempat roket itu diluncurkan, katanya.

Pasukan Turki pada Sabtu memulai sebuah operasi besar baru yang bertujuan untuk mengusir YPG dari Afrin, menyerang puluhan target melalui serangan udara dan artileri.

Turki menuduh YPG menjadi cabang Suriah dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang melakukan pemberontakan di tenggara Turki selama lebih dari tiga dekade dan dianggap sebagai kelompok teror oleh Ankara dan sekutu Baratnya.

Namun, YPG menjadi sekutu penting Amerika Serikat (AS) dalam memerangi kelompok ISIS, memainkan peran kunci dalam mengusir ekstremis keluar dari benteng Suriah mereka.

(ant/adi)



Baca berita selengkapnya

Komentar