Begini Penampakan Moge Bertema Chopper yang Dibeli Presiden Jokowi

Covesia.com - Presiden Joko Widodo baru saja membeli motor custom bergaya Chopper Land garapan Elders Garage dan Kick Ass Chopper, pada Sabtu (20/1/2018) kemarin.

Dikutip covesia.com dari berbagai sumber, Moge bertema Chopper warna emas itu diantar langsung menuju Istana Bogor dan diterima langsung oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut. Moge Chopper ini mempunyai ciri khas posisi mengendarai yang rendah dan stang yang tinggi.

Motor bermesin 350 CC Royal Enfield tersebut terlihat sangat gagah. Tak hanya itu, rangkanya didesain khusus oleh Elders Garage agar cocok dikendaraiuntuk ukuran tubuh orang Asia.

Moge warna emas ini buatan anak bangsa lho. Selain mesinnya, hampir semua komponen moge ini dibuat di Indonesia. Contohnya, jok kulitnya yang rapi ini dibuat di Bandung. 

Salah satu founder Elders Garage, Adrianka, menyebutkan ide awal motor tersebut bermula dari rekannya yang ingin membuat motor chopper dengan ukuran yang pas untuk orang Asia.

“Chopper kan konsepnya Amerika banget nih, ukurannya gede-gede, tapi liat ukuran postur orang Asia kan kecil-kecil. Jadi kita punya ide gimana kalau ukuran motornya disesuaikan postur orang Asia,” ujar Adrianka di bengkelnya.

Mesin Royal Enfield Bullet berkapasitas 350cc tersebut memang cocok untuk harian maupun digunakan perjalanan jauh (touring). Mesin ini menggunakan silinder Tunggal, 4 langkah, dengan busi ganda. Kapasitas asli mesin hanya 346cc konfigurasi overstoke dengan diameter piston 70 milimeter dan panjang langkah 90 milimeter. Pengabut bahan bakar masih konvensional menggunakan karburator vakum UCAL 29 mm.

Motor Royal Enfield Bullet memiliki dimensi 2140 mm x 800 mm x 1030 mm. Motor pabrikan Inggris ini memiliki sumbu roda cukup panjang mencapai 1370 mm. Berat kosong mencapai 187 kilogram lebih berat dibandingkan motor kapasitas 250 buatan Jepang. Sedangkan kapasitas tangki bahan bakar 13,5 liter.

Pada pengereman Royal Enfield Bullet 350 masih menggunakan cakram pada bagian depan dan teromol pada bagian belakang. Kaki-kaki memakai ukuran yang berbeda dibandingkan motor yang beredar di Indonesia, yaitu 3.25 x 19 inchi pada bagian depan dan 3.25 x 19 inchi pada bagian belakang.


(sea)



Baca berita selengkapnya

Komentar